Home

Kalau kamu Travel lads berencana datang ke Tokyo, Jepang, bulan Maret atau April nanti, jangan lupa ambil waktu terbaik agar travel mu menyenangkan. Bunga sakura menjadi ikon di negara Jepang, tidak setiap saat dapat menikmati bunga indah tersebut, Piknik asyik melihat bunga Sakura ini disebut hanami. …

Chidoriga - Tokyo

Chidoriga – Tokyo

Pemandangan buka sakura di dekat Gunung Fuji

mount-fuji-in-japan-468

fuji-sakura-871

14182354981019883150

Hanami  (花見) adalah salah satu tradisi tradisional Jepang yang populer baik di Jepang atau di dunia. Aktivitas utama dalam tradisi ini adalah menikmati keindahan bunga yang sedang mekar, dan pada umumnya bunga yang dimaksud adalah bunga sakura atau bunga plum (ume). Bunga sakura mekar diseluruh Jepang dari akhir bulan Maret hingga awal bulan Mei dan sekitar bulan Febuari untuk Pulau Okinawa. Biasanya jadwal merkarnya bunga sakura ini selalu diumumkan oleh badan cuaca di Jepang setiap tahunnya. Mekarnya bunga sakura selalu diawasi oleh orang-orang yang menanam bunga ini, karena waktu mekar bunga sakura hanya 1 atau 2 minggu saja.

yozakura (夜桜) atau sakura malam. ( Pemandangan Sakura di malam hari ).

philosophers-path-sakura-kyoto-871

meguro-hanami-735

Hanami saat hujan turun di malam hari.

Hanami saat hujan turun di malam hari.

hanami-glow-468

Hanami di malam hari, orang2 banyak berkumpul di bawah pohon sakura dengan tempat duduk yang sudah di sediakan.

Hanami di malam hari, orang2 banyak berkumpul di bawah pohon sakura dengan tempat duduk yang sudah di sediakan.

japan_2006-2007.1212453300.night-time-hanami-partyx

Indahnya bunga sakura di padu dengan cahaya2 lampu.

Indahnya bunga sakura di padu dengan cahaya2 lampu.

Sejarah Hanami

Hanami sudah ada di Jepang berabad-abad lamanya. Tradisini sudah ada sejak periode Nara (710-794), dan ketika itu bunga plum atau ume yang dinikmati. Keika periode Heian (794-1185), bunga sakura menjadi  lebih menarik untuk dinikmati dan sejak saat  itu Hanami identik dengan bunga sakura.

Hanami pada jaman Edo

Hanami pada jaman Edo

Bunga sakura awalnya digunakan untuk menandakan hari panen tahunan dan menandakan musim tanam padi. Orang Jepang ketika itu percaya pada roh suci yang di dalam pohon sakura dan membuat persembahan. Kemudian orang Jepang akan minum sake untuk merayakannya. Kerajaan Saga pada periode Heian, mengadopsi kepercayaan kuno ini, sehingga mereka mengadakan Hanami sambil minum sake dan mengadakan pesta di bawah pohon sakura. Kemudian puisi akan ditulis untuk menggambarkan keindahan bunga sakura. Siklus bunga sakura dianggap sebagai cerminan hidup manusia, dimana dilihat indah dan bercahaya namun hanya sekilas/ singkat.

Hanami pada jaman Edo

Hanami pada jaman Edo

Hanami pada awalnya terbatas hanya untuk kalangan orang elit kerajaan tetapi kemudian menyebar ke kalangan samurai. Pada jaman Edo, warga Jepang biasa dapat mengikuti Hanami. Tokugawa Yoshimune kemudian menanam banyak pohon sakura untuk mendukung kebiasaan Hanami ini.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa “kue lebih menarik daripada bunga” (花 より 団子 hana Yori Dango). Pepatah ini menggambarkan bahwa orang Jepang lebih fokus pada makanan dan pesta yang diadakan daripada menikmati bunga itu sendiri.

Hanami Saat Ini

Orang Jepang terus mengadakan tradisi Hanami hingga saat ini. Banyak orang berkumpul ditaman dimanapun pohon sakura dapat ditemukan. Mereka mengadakan pesta yang meriah dibawah pohon. Bahkan pesta ini dapat terus berlangsung hingga malam hari. Lebih dari setengah wilayah Jepang, waktu mekarnya bunga sakura datang tepat ketika waktu masuk sekolah dan mulai kerja setelah musim libur. Sehingga Hanami dijadikan sebagai pesta untuk menyambut hari yang baru.

istirahat siang

istirahat siang

orang banyak berkumpul

orang banyak berkumpul

Koishikawa-Botanical-Garden-hanami-time-735

Koganei-park-735

5674714228_880f97fd9f_b

Warga Jepang biasanya menaruh tikar biru dibawah pohon Sakura untuk memesan tempat untuk mereka sehingga tidak berebut dengan warga lainnya. Biasanya mereka sudah datang 12 jam sebelum acara dimulai. Kadang-kadang karyawan baru disebuah perusahaan diberikan tugas oleh atasannya untuk misi penting ini. Warga Jepang melepas alas kaki sebelum menginjak tikar biru ini.

Orang2 menyiapkan tempat duduk/memesan tempat duduk

Orang2 menyiapkan tempat duduk/memesan tempat duduk

hanami-party-preparation-468

bercanda untuk memeriahkan suasana

bercanda untuk memeriahkan suasana

Dalam Hanami, orang Jepang merayakannya dengan makan dan minum, mendengarkan lagu, dan juga sambil bermain. Makanan-makanan khusus juga disediakan untuk perayaan Hanami ini seperti dango, bento, dan sake.

makanan untuk merayakan tradisi Hanami

makanan untuk merayakan tradisi Hanami

pemandangan dari atas

hanami-mats-468

Ketika Hanami berlangsung, tidak aneh jika menemukan banyak festival makanan yang diadakan di pinggir jalan kota. Kalian dapat menemukan banyak jenis makanan / jajanan tradisional Jepang disini.

hanami-food-stalls-468

Tempat Hanami Terbaik di Tokyo

Berikut ini kami berikan tempat-tempat terbaik untuk menikmati Hanabi di kota Tokyo ^_^

1. Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen (144 hektar) adalah sebuah taman yang besar dekat Shinjuku. Taman ini memiliki 1.500 pohon sakura. Taman ini cukup besar untuk dapat menemukan tempat/ spot yang sepi. Taman ini juga sangat ideal untuk mengadakan Hanami dengan skala besar. Taman ini juga memliki banyak jenis bunga Sakura yang indah.

shinjuku-park-cherry-trees-735

cherry-blossom-tree-wallpaper-hdtree-flower-park-path-grass-cherry-blossom-sakura-nature-6jxbom5g (1) dpn hanami-lots sakura1

2. Sungai Meguro

Terdapat kurang lebih 800 pohon sakura berjajar di pinggir sungai Meguro. Pohon-pohon ini terlihat begitu indah pada malam hari karena dihiasi oleh penerangan yang romantis. Tetapi didaerah ini tidak banyak terdapat tempat untuk mengadakan pesta. Tempat ini cocok untuk jalan-jalan. Terdapat juga beberapa toko, cafe dan juga restoran di daerah ini.
meguro-hanami-735
hanami2 japan-tavasz-az-allee-ban

3. Chidorigafuchi

Tempat ini terletak di parit sungai Istana Edo sekitar taman Kitanomaru. Kalian boleh menyewa perahu kecil untuk menikmati indahnya pohon sakura. Pada malam hari tempat ini juga diterangi oleh lampu-lampu yang indah.

Inokashira_Park_05

inokashira-park-4 sakura

4. Taman Menara Bukit Roppongi

Terdapat 75 pohon sakura muda di lereng belakang taman Roppongi. Sangat romantis pada malam hari. Populer dikalangan pasangan kekasih.
Roppongi-Hills-Tower-Garden-735

5. Taman Botanis Koishikawa

Tempat yang cukup sepi untuk menikmati beberapa jenis pohon sakura. Tempat ini tidak buka pada malam hari.
Koganei-park-735
Koishikawa-Botanical-Garden-hanami-time-735
197897_cherry-blossom_663_382
hanami_3

6. Taman Timur Istana Kerajaan

Taman ini terletak di timur istana kerajaan di Tokyo. Tempat ini terbuka untuk umum.
Imperial-Palace-East-Gardens-735

Hanami Love

hanami-love-871

Foto-foto indah saat Hanami berlangsung

hanami-girls-871Tokyo tourism destinations 51341096-18a0-474e-8a3d-3338ca2ba9b3 (1) cherry-blossom-fest4 cherry-blossoms-sakura-spring2 content_yoshino hanami2 mount-fuji-in-japan-468 Pemandangan-Alam-Jepang-musim-semi sakura (1) sakura1 shinjuku_gyouen_hanami_04-741552 shutterstock_150495959 timthumb

Kamu pasti tertarik untuk berkunjung setelah melihat keindahannya. ada baiknya kamu memulai rencana di jauh-jauh hari atau dari sekarang, karna bulan maret sebentar lagi akan datang.

One thought on “Hanami Musim Semi di Jepang

Mohon berikan komentarmu kawan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s